Kantor Berita Peristiwa

RI Mau Impor Beras 1 Juta Ton dari India, Kemendag: Penugasan ke Bulog


Tajuknews.id - Pemerintah akan melakukan impor beras 1 juta ton lagi dari India dalam rangka antisipasi krisis pangan akibat El Nino. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Budi Santoso mengatakan importasi itu akan masuk dalam penugasan ke Perum Bulog.

"Kan Bulog itu nanti, itu sudah ditugaskan ke Bulog. Tinggal MoU-nya bentar lagi selesai terus bisa realisasi," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2023).

Budi mengatakan saat ini proses pembelian beras dari India itu masih di tahap penyelesaian memorandum of understanding (MoU). Ia memastikan MoU itu akan selesai dalam beberapa hari ini.

"Sebenarnya dari pihak kita sudah selesai tapi tinggal nunggu India. tapi mungkin ini tinggal beberapa hari saja sih selesai. Jadi masih proses bentar lagi selesai. Kalau sudah, tinggal mekanisme impor aja," tuturnya.

"Sudah (pasti impor). Tinggal nunggu MoU, tinggal tanda tangan saja," tambahnya.

Sebelumnya, mengenai impor beras 1 juta ton dari India itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas. Ia mengungkapkan hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi atas dampak cuaca panas ekstrim atau El Nino.

Dia menyebutkan pihaknya sudah MoU dengan India, jadi sewaktu-waktu Indonesia bisa membeli beras tersebut. "Tapi harga sudah diikat sudah G2G antara pemerintah dengan pemerintah, kita sudah pesan 1 juta (ton)," tambahnya.

Namun saat itu Zulhas menyebut rencana importasi tersebut dilakukan di luar penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) ke Perum Bulog untuk impor beras 2 juta ton sepanjang 2023.

"Iya di luar (penugasan dari Bapanas ke Bulog). Ini baru MoU untuk harga tetap barang ada tapi belum dibeli, tapi sudah ada MoU G2G, jadi kita sudah ada (kesepakatan harga) tahun ini kalau butuh bisa beli. Barangnya sudah ada," jelas Zulhas.(detik)
Labels: Ekonomi

Thanks for reading RI Mau Impor Beras 1 Juta Ton dari India, Kemendag: Penugasan ke Bulog. Please share...!

0 Komentar untuk "RI Mau Impor Beras 1 Juta Ton dari India, Kemendag: Penugasan ke Bulog"

Back To Top