Kantor Berita Peristiwa

PPP Gagal Tembus 4%, PDIP Dapat Durian Runtuh 3 Kursi DPR RI dari Jatim

Tajuknews.id - Rekapitulasi nasional suara pemilihan legislatif (pileg) 2024 telah selesai. Berdasarkan hitungan secara manual ada 8 parpol yang meraih suara di atas 4% sehingga dinyatakan lolos parlemen, PPP dan PSI tidak mencapai 4%.

Rekapitulasi bak durian runtuh untuk PDIP di Jawa Timur. Sebab, tiga kursi DPR RI yang diraih PPP di Jawa Timur kini 'dilimpahkan' ke PDIP.

Berdasarkan rekapitulasi KPU, PPP jika menembus 4 persen maka akan mendapat 3 kursi DPR RI di Jatim. Pertama dari Dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso).

PPP berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Dapil Jatim III atas nama caleg nomor urut 7 SY Anas Tahir. Anas Tahir meraih suara 49.348 di Dapil Jatim III dan PPP berhasil meraih kursi nomor urut ke-5.

Namun, dengan gagalnya PPP menembus 4 persen, maka kursi PPP akan diganti oleh kursi kedua milik caleg internal PDIP yakni Ina Ammania.

Caleg PDIP nomor urut 3 ini meraih 60.265 suara dan menjadi caleg dengan suara terbesar kedua di internal PDIP di Dapil Jatim III. PDIP yang meraih 300.958 suara otomatis mengisi kursi ke-7 di Dapil Jatim III usai PPP gagal menembus 4%.

PPP juga akan kehilangan kursinya di Dapil Jatim VIII (Jombang, Mojokerto, Nganjuk, Madiun). Putri Bupati Jombang Mundjidah Wahab yakni Ema Ummiyatul Chusnah.

Ning Ema, sapaan akrabnya meraih 65.393 suara di Dapil Jatim VIII. Secara total PPP meraih 116.554 suara dan menempati kursi ke-10 atau kursi terakhir dari Dapil Jatim VIII.

Namun, dengan gagalnya PPP menembus 4%, secara otomatis kursi PPP akan digantikan oleh PDIP untuk kursi keduanya di Dapil Jatim VIII.

PDIP meraih total 327.921 suara dan berhak meraih dua kursi di Dapil Jatim VIII. Kursi kedua PDIP diraih oleh anak Eros Djarot yakni Banyu Biru Djarot yang meraih 54.325 suara.

Nasib serupa juga dialami PPP di Dapil Jatim XI (Bangkalan, Sampang, Sumenep, Pamekasan). PPP akan kehilangan satu kursi DPR RI dari Dapil Jatim IX usai gagal menembus 4%.

Caleg PPP yang lolos dari Dapil Jatim XI adalah Achmad Baidowi. Awiek, sapaan akrabnya meraih suara 359.189 di Dapil Jatim XI. Secara total PPP meraih 408.402 suara di Dapil Jatim XI.

Karena tidak mencapai 4%, kursi PPP akan digantikan oleh kursi kedua PDIP di Dapil Jatim XI. Caleg PDIP yang meraih kursi DPR RI itu ialah Ansari.

Ansari meraih 76.907 suara di Dapil Jatim XI. Secara total PDIP meraih 659.980 suara di Dapil Jatim XI.

Sebelumnya dilansir dari detiknews, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengaku terkejut lantaran PPP gagal memenuhi ambang batas untuk melaju ke Senayan. Awiek menyebut hasil rekapitulasi KPU berbeda dengan hasil internal PPP.

"Tentu kami terkejut dengan hasil rekapitulasi secara bertentangan karena tidak sesuai berbeda dengan data internal kami," kata Awiek di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Meski begitu, Awiek mengatakan pihaknya tetap menghormati proses yang telah berjalan di KPU. Dia menyebut pihaknya akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami memiliki waktu tiga hari, setelah pengumuman resmi dari KPU untuk mengajukan gugatan Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

"Dalam gugatan di Mahkamah Konstitusi, kami ingin mengembalikans suara PPP yang hilang," sambung dia.

Menurutnya, dari hasil rekapitulasi internal, PPP dapat mencapai 4,04% atau melampaui ambang batas parlemen sebesar 4%. Namun, kata dia, hasil perolehan suara KPU ternyata berbeda dengan hasil internal.

"Yang jelas data-data kami sangat lengkap dan ketika nanti menggugat ke Mahkamah Konstitusi semuanya akan kami lampiran bukti bukti tersebut," paparnya.

Awiek menuturkan ada selisih 100-150 ribu suara dari hasil internal PPP dan rekapitulasi KPU. Awiek memastikan pihaknya akan memperjuangkan selisih suara tersebut.

"Ada selisih sekitar 100 sampai 150 ribu suara. Dan kami ingin itu bisa membuktikan semua, di mana pergeseran-pergeseran suara itu. Tentu kami akan all out di Mahkamah Konstitusi," tuturnya.(Detik)

Labels: Politik

Thanks for reading PPP Gagal Tembus 4%, PDIP Dapat Durian Runtuh 3 Kursi DPR RI dari Jatim. Please share...!

0 Komentar untuk "PPP Gagal Tembus 4%, PDIP Dapat Durian Runtuh 3 Kursi DPR RI dari Jatim"

Back To Top